Batu Bata Merah Kudus

KUDUS — Entrepreneur batu bata merah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tidak mencemaskan kedatangan batu bata hebel yang mempunyai beberapa kelebihan. Selama ini keinginan baru bata merah masih tinggi, bahkan juga banyak entrepreneur bata merah kerepotan penuhi keinginan pasar.

“Awalannya, memang banyak penduduk yang tertarik beli bata hebel. Akan tetapi sesudah berupa bangunan pada akhirnya tahu jika bata merah ada banyak peminat,” kata entrepreneur bata merah di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Muh Toni, Jumat (27/7/2018).

Kelebihan bata merah, katanya, lebih gampang sesuaikan cuaca dibanding bata hebel. Bukti jika bata merah ada banyak disukai, katanya, sampai sekarang ini keinginan bata merah masih tetap cukuplah tinggi, bahkan juga banyak entrepreneur bata merah kerepotan penuhi keinginan. Mengakibatkan, lanjut ia, harga jual batu bata merah sekarang ini ikut naik jadi Rp700/buah. Atau naik Rp100 dibanding awal mulanya yang sekitar Rp600-an/buah.

Sebab cuaca sekarang ini begitu memberi dukungan, katanya, dianya dapat menggenjot produksi bata merah. Bila awal mulanya proses pengeringan batu merah memerlukan waktu sampai satu pekan, katanya, sekarang ini cukuplah tiga hari dapat kering, hingga proses bikin bata merah dapat berjalan dengan kontinu.

Baca : berapa harga batu bata tahun 2019

Dalam satu hari, diakuinya, dapat membuat 1.500 bata merah. Sebab proses pengeringannya bertambah cepat, katanya, pembakaran bata merah dapat juga ditangani sesudah terkumpul 20.000 bata merah.

Yanto, pembuat bata merah yang lain, mengaku cuaca panas seperti saat ini proses bikin bata merah dapat ditingkatkan dari mulanya 1.500 buah, sekarang sampai 2.000 buah/hari. Ditambah lagi, lanjut ia, proses pengeringannya ikut cepat sebab cuma memerlukan waktu tiga hari, dibanding awal mulanya sampai satu pekan.

Dia mengaku keinginan bata merah waktu saat ini alami lonjakan, bahkan juga pasokannya belumlah seimbang dengan keinginan hingga harga jual di market ikut naik. Dalam rencana penuhi keinginan, katanya, pencetakan bata merah sekarang ini digenjot sampai jadi 6.000 buah per harinya dengan mempekerjakan tiga orang. Sesaat untuk proses pembakarannya, katanya, sesudah terkumpul 30.000 buah bata merah yang umumnya memerlukan waktu saat 10 hari.

Tingginya keinginan bata merah, katanya, jadi salah satunya bukti jika kedatangan bata hebel memang tidaklah terlalu punya pengaruh dengan keinginan bata merah. Untuk bahan baku, tuturnya, ada cukuplah, walau sekarang ini harga jualnya Rp250.000 per dam, sedang awal mulanya cuma Rp220.000/dam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s