Bahan Bangunan Ikut Naik Seiring Naiknya Nilai Dolar

Nilai ganti dolar pada rupiah yang selalu membumbung, tidak hanya membuat harga keperluan inti naik, ikut membuat harga bahan bangunan turut melejit. Masyarakat yang sekarang ini tengah melakukan perbaikan rumah, makin pusing sebab uangnya telah tipis, tapi huniannya tidak kunjung tuntas.

Keadaan ini dihadapi Maulana, 48, masyarakat Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Dia mengakui sangatlah pusing dengan naiknya harga bahan material.

Usaha bangun kamar untuk anaknya juga jadi terganggu sebab harga semen, pasir sampai batu bata membumbung. “Dolar Amerika naik, ya semua ikutan. Pada akhirnya saya terkena imbasnya,” keluhnya, Rabu (10/10).

Maulana memaparkan, semenjak satu minggu akhir-akhir ini harga semen selalu naik. Awalannya beli semen Rp54 ribu/sak, sekarang naik jadi Rp59 ribu/sak sampai Rp 60 ribu/sak.

“Belum kembali harga pasir, sekarang satu colt sampai Rp400 ribu. Besi ikut juga mahal, satu batang harga nya Rp20 ribu dari mulanya hanya Rp18 ribu,” tutur Maulana.

Atas keadaan itu, Maulana mengakui mulai mengencangkan ikat pinggang. Justru untuk sesaat waktu akan hentikan pembangunan kamar anaknya yang sekarang ini baru sampai 30 %.

“Kalau dilanjutkan yang ada hanya dapat beli bahan saja, tukangnya justru tidak terbayar. Kelak jika harga telah normal, baru diteruskan kembali. Ya, sambil menabung lah,” katanya.

Selain itu, di toko bahan bangunan CV Surya, harga-harga terdaftar selalu melonjak tajam. Harga semen tiga roda 50 Kg di jual Rp65.500. Semen Gresik 40 Kg seharga Rp52.500, serta semen holcim 40 Kg di jual Rp65.000. “Kalau semen Holcim 50 Kg saya jual Rp74.500, sedang Semen Padang 40 Kg di jual Rp64.500,” papar Asrul, penjaga toko.

10 PERSEN

Tidak cuma semen, kenaikan harga ikut berlangsung pada batu bata, kayu kusen, balok serta pasir. Semua barang yang dijualnya di toko itu naik pada 5 sampai 10 % dari harga awal mulanya. “Kalau tidak naikin harga, kami dapat rugi. Karena itu saat ini, kami siapin stoknya tidak banyak,” tutur Asrul.

Dalam peluang itu, Asrul menyebutkan, harga cat serta asbes ikut membumbung saat satu pekan akhir-akhir ini.

“Kalau cat yang ukuran 5 Kg, kami jual di harga Rp132 ribu serta triplek yang sangat tipis Rp47 ribu serta yang sangat tebal Rp190 ribu,” ujarnya.

Sumber : harga pasir sungai

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s