Kios Relokasi Sempit pedagang Pasar Atas Barokah Rawan Rusak dan Kurang Aman Untuk Barang Dagangan

Beberapa pedagang Pasar Atas Barokah (PAB) Kota Cimahi mengakui sedih dengan realisasi relokasi oleh Dinas Perdagangan Koperasi UMKM serta Perindustrian (Disdagkoperind) . Karena, luas kios yg disajikan sangat kecil.

Siti Aisyah, 43, mengakui benar-benar sedih. Karena, ia mesti bolak balik menempatkan barang karena tak dapat masuk seluruh ke kios. Lebih, waktu ini tengah musim hujan, kehadiran barang dagangan dapat rusak

“Kalau rugi, ya jelas. Musti bolak-balik angkut barang jualan dari atas ke bawah. Kelak jika udah tuntas diangkat kembali ke atas, sulit utamanya, ” jelas Aisyah saat didapati tempo hari. (9/11) .

Tidak hanya itu, untuk kios yg dikasihkan benar-benar kecil dengan ukuran luas 2×2 mtr. dengan memanfaatkan bahan dari triplek. hingga menyebabkan kegalauan dari sisi keamanan.

“Ya musti terima, lantaran udah dibandrol cuma 2×2 mtr.. Tetapi kita musti nambah modal kembali, jika pengen kios aman dapat ubah pintu, nambah kunci gembok, atau dobel triplek. Cemas dibobol soalnya jika malam, ” paparnya.

Seirama dengan Siti, H. Oyib, 69, pedagang PAB yang lain, berkeberatan bila jatah kios relokasi cuma satu kios. Walau sebenarnya beberapa pedagang ada yg mempunyai lebih dari dua kios di PAB.

“Ya kan ada yg miliki kios dua, tiga, atau empat, tetapi untuk kios relokasi cuma bisa satu. Kelak barang-barangnya pengen disimpan di mana, tak ada gudang penyimpanan pun di tempat ini, ” katanya.

Sehubungan penarikan undian kios, H Oyib mengaku proses penarikan undian relokasi lebih transparan serta adil. Karena bila menentukan, karena itu semua pedagang dapat menentukan kios di tepi jalan supaya ringan dibuka konsumen. “Kalau omzet jelas ada penurunan nanti, lantaran parkir kendaraan jadi susah, kondisinya pun becek jika hujan, serba tak enak, ” pungkasnya.

Disamping itu, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM serta Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi Siti Rosida mengaku bila memang kios yg dibikin dengan luas 2×2 mtr. untuk kepentingan relokasi itu kondisinya hanya terbatas.

“Ini sehubungan dengan biaya yg disajikan serta usia relokasi tidaklah terlalu lama. Moga-moga cukuplah menyimpan, ” katanya.

Pihaknya cuma mengakomodir pedagang yg mempunyai izin pemanfaatan kios (IPK) serta aktif berdagang. Penarikan undian kios relokasi ditata oleh pedagang serta dikerjakan lewat cara terbuka. Waktu ini, sambungnya, pembangunan kios udah capai 80 prosen.

 

Rujukan : sumber artikel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s